Monday, July 7, 2014

Metode yang "Unbreakable": Membaca dari GOLD

Kali ini gue mau share tentang GOLD yang udah gue perhatiin selama bertahun-tahun. GOLD ini sifatnya lumayan banyak dapetnya kalau bergerak dikit. Nggak kayak valas, GOLD hanya tergantung pada berita-berita penting US, jadi untuk menjebak arah pergerakannya cukup mudah.

Strategi yang gue pake, gak jauh-jauh dari model trap. Karena dengan metode ini, apapun pergerakannya, gue harap bisa profit. Berikut ini log dari sistem gue (Rdz.AGEA) yang udah gue pasang selama satu bulan ini. Masih belum matang strateginya karena masih ada beberapa lubang yang perlu ditambal, terutama mengenai public (market) holiday di US yang mempengaruhi pergerakan harga. Kemarin 4 Juli 2014, karena independence day di US, membuat harga GOLD cenderung stagnan. Membuat open position yang sudah terbuka secara otomatis, menjadi minus karena GOLD tidak bergerak dan tetap di tengah-tengah.


Gambar di atas adalah gambar tentang strategi RunningPriceTrap. Nanti gue jelaskan di posting berikutnya tentang strategi yang gue pakai ini. RunningPriceTrap (RPT) yang gue pakai, menggunakan settingan baru, dan baru aja mulai minggu kemarin. Settingan baru ini gue namain GOLD__V3, dan cuma gue implementasikan di LondonOpenings time dan NewYorkOpenings time. Tujuan gue bikin versi baru, karena gue mau implementasikan di dunia sebenarnya, artinya udah nggak pake virtual lagi. "Untungnya" tanggal 4 Juli itu Independence Day di US, jadi gue kejebak minus. Jadi gue ada peluang untuk melakukan perbaikan kode program, untuk menghindari hari libur. Tapi selama ini menguntungkan dan lumayan bagus prospeknya, kok. Loe bisa cek dan analisa di gambar berikutnya di bawah.



Mari kita analisa satu-persatu nilai minusnya mulai dari yang paling bawah.

-594 Pts. (-5.94 USD)

Untuk yang satu ini, karena waktu itu gue memang dalam taraf masih coba-coba dengan software baru, dan masih banyak error di sana-sini, maka percobaan ini masih ada minus. Jadi gue anggap ini wajar.

-510 Pts. (-51 USD) dan -686 Pts (-68.6 USD)

Ini salah satu jebakan batman yang gak gue kira sebelumnya. Kalo loe perhatiin, keduanya di-eksekusi di Morning06 time (06:00 pagi waktu Singapura). Di waktu itu, memang pergerakan GOLD nggak begitu matang, dan cenderung rawan sideways. Sebenarnya strategi pasang trap di pagi ini ide dari salah satu buku yang gue baca beberapa tahun lalu. Kuno memang, tapi ide ini yang memberi gue inspirasi untuk bikin aplikasi Rdz.AGEA.

-8 Pts. (0.8 USD)

Yang ini agak lucu dan aneh, tapi masuk akal kalau dijelaskan. Nggak ada di settingan gue untuk strategi GOLDNYV2, GOLDLDNV2, dan GOLDM6V2 itu untuk stop loss di kisaran 10 points. Settingan gue untuk stop-loss itu di kisaran 500 points.
Ketika gue buka log aplikasi, aplikasi gue memang consider PROFIT 10 points, tapi mungkin karena market terlalu "ramai", aplikasi Streamster AGEA jadi agak lelet untuk merespons perintah ClosePosition. Memang itulah yang terjadi, dan ini yang mendasari gue buka konfigurasi baru GOLDXXXV3, dengan take profit sekitar 25 points.

-322 Pts. (32.2 USD)

Yang terakhir, seperti yang gue bilang diatas, gue eksekusi ketika hari libur di US. Ya sudah barang tentu loss, lah. Aplikasi mana tahu kalau ada holiday? Hari ini gue sudah update untuk nggak eksekusi ketika holiday.

Kesimpulan

Selama minus-minus diatas masih bisa dihindari, ane yakin bisa berhasil. Minus diatas kebanyakan terkait hal teknis, seperti hari libur, dan take profit yang terlalu kecil dan market yang terlalu ramai.

Secara gamblang dan hitungan kasaran, untuk GOLDXXXV3, sehari gue bisa dapet USD 50 kurang lebihnya, dengan investasi sebesar USD 2000. Mungkin jumlah yang terlalu banyak, tapi ya namanya aja uang virtual, gue gak merasa buang-buang duit kok. Berikut screenshot excel tentang proyeksi keuntungan dengan investasi awal USD 2000, dan keuntungan USD 50 per hari.

Profit per bulan = profit per hari x 22 hari
Profit per bulan = USD 50 x 22 hari = USD 1100
Persentasi keuntungan = USD 1100 / USD 2000 = 55%

Jadi dengan rumus diatas, jika persentasi keuntungan selalu konstan (jika sesuai harapan), dan modal akhir ditabungkan kembali sebagai modal investasi di bulan berikutnya, MAKA 1 tahun pertama saja modal akhirnya USD 384.600,97!


INGAT: automasi-investasi tujuannya untuk melakukan investasi tanpa khawatir harga bergerak naik atau turun, yang penting BERGERAK.

Mari kita pantau 2 minggu ke-depan!
Salam investasi, BRO!

No comments: