Monday, July 7, 2014

Awal yang Sulit... (Sebuah Percobaan)

Mungkin loe gak pernah sadar kalo di blog ini, gue pernah tulis dalam Bahasa Inggris, investasi GOLD yang bisa mencapai 1000%. No bullshit, gue waktu itu memang lagi dalam masa percobaan. Kebetulan waktu itu GOLD sedang merangkak dari harga USD 1500an per ounce, hingga sempat sentuh USD 1923an per ounce. Merasa pasti bahwa harga GOLD pasti naik dari waktu ke waktu, gue sempet invest uang virtual. Di platform Streamster AGEA, loe bisa invest akun virtual untuk coba-coba duluan.

GOLD hanya naik USD 200 dari harga awalnya waktu itu, gue itung-itung keuntungan waktu itu kurang lebih 1000% (10 kali lipat!). GOLD memang bikin untung, tapi juga bikin buntung. Pada akhirnya kolaps juga GOLD sampe sentuh USD 1200an dalam rentang 1 tahun ke belakang.

Awal yang Sulit...

Kalo mau ditelusurin lebih lanjut, ketertarikan gue terhadap investasi dimulai sejak gue kenal internet waktu SMA kelas 3 di Semarang, waktu itu tahun 2002. Waktu itu gue & temen deket gue diskusi, iseng-iseng, sampe belajar investasi dan beli bukunya. Ketertarikan gue terhadap investasi semakin berlanjut ketika gue kuliah di salah satu universitas swasta di Semarang, dan dikenalkan dengan platform Marketiva (AGEA waktu itu masih bernama Marketiva). Marketiva ketika itu nawarin USD 5 gratis, tapi harus dikembangkan dulu dananya baru bisa ditarik. Karena minimal penarikan itu USD 15 kalau gak salah.

source: firstpost.com


Tahun 2005 ane mulai serius, meski modal dengkul, ane belajar baca buku investasi, cari informasi di internet, sampai trik-trik supaya investasi berhasil. Baca ini nggak mudeng, baca itu nggak mudeng, tapi tetep nekat, kadang males bacanya, tapi tetep ada rasa tertarik. Sampe gue juga baca-baca dari komunitas Marketiva Indonesia, apa yang bisa gue ambil dari website itu.

Percobaan gue berkali-kali gagal tanpa menghasilkan apapun. Terkadang menghasilkan kalau ikut arus, tetapi sulit juga ikut arus. Berita-berita penting ekonomi juga gue ikutin, karena setelah berita-berita ekonomi, pasar akan bergejolak dan bergerak. Tiba-tiba dari freelance investor, jadi news-dependent investor. Temen gue belajar tentang analisis teknikal, kadang gue ikut juga, tapi tetap gak berhasil dan gak mudeng, tiba-tiba jadi technical investor.

Uang Bekerja untuk Kamu!

Beberapa tahun setelah itu, gue memantapkan diri untuk tetep berusaha mencari "celah" dari perdagangan valas dan komoditas. Tujuan utama gue tentang uang cuma satu: jangan sampai loe dihambakan oleh uang, tetapi tetap biarkan uang bekerja untuk loe! Gue bertekad suatu saat gue bisa hidup tanpa pekerjaan tapi gue masih bisa kasih makan anak istri. Bagus pula kalo gue bisa sebar dikit buat yang membutuhkan.

Gue sekarang fokus di komoditas, karena cuma komoditas yang spreadnya kelewat besar, dan gerak dikit, puluhan points didapat. Karena emang itu sifat utamanya. Gue masih bisa andalkan valas, tapi kelihatannya masih ada kelemahan yang perlu gue perbaiki.

source: nowiknow.com

Sekarang

Setelah beberapa tahun gue vakum lagi karena sibuk bekerja, sekarang gue mau aktifkan lagi automasi investasi ini. Gue udah punya ide banyak untuk menghasilkan profit tanpa harus peduli harga naik atau harga turun, tanpa analisis teknikal maupun selentingan berita sana sini.

Untuk proyeksi automasi-investasi ini gue lihat ada perkembangan profit, minimal gue hasilkan 15% profit setiap bulannya. Loe bisa lihat nanti dari update di blog ini!

Gue cuma mau meng-AUTOMASI! Salam investasi, BRO!


No comments: